Kamis, 27 Juli 2017

Evaluasi P2WKSS, Kepala DP3AKBPMD: "Ngalang Layak Maju ke Tingkat Provinsi!"

Hari ini, Kamis (27/7) Evaluasi P2WKSS dilaksanakan oleh Tim Kabupaten di Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul. Kegiatan evaluasi P2WKSS dilakukan meliputi monev administrasi dan ragam kegiatan P2WKSS serta kegiatan penunjang. Tim Evaluasi yang dipimpin langsung oleh Sujoko, SSos, MSi selaku kepala DP3AKBPMD Kabupaten Gunungkidul beserta rombongan lintas instansi yakni dari Dinkes Gunungkidul, DP3AKBPMD, Disperindagkop, Dinas Pertanian, Kapedal, Dinas Kelautan, Bagian Kesra Administrasi Pemda dan Tim PKK. Rombongan  langsung menuju dusun sampel yakni Nglaran dan Ngalang.    
                   

Kegiatan di dusun sampel Nglaran diawali dengan sambutan dari grup jatilan di Balai Dusun, dilanjutkan dengan kunjungan kegiatan masyarakat meliputi BKL (Bina Keluarga Lansia), keterpaduan BKB-Yandu- PAUD, sentra budi daya ikan, dan rumah produksi industri makanan olahan/rumah tangga. Di sentra budi daya ikan, tim disuguhi kesenian klenengan ibu-ibu PKK dusun. Kunjungan terakhir di Dusun Nglaran dilakukan di sampel rumah sehat.                       

Evaluasi kegiatan pada dusun sampel kedua dilaksanakan di dusun Ngalang, yang di awali dengan sambutan kesenian kejog  lesung, senam lansia, simulasi produk susu kedelai, tampilan oleh kelompok BKR, PIK-R, dan kampanye GENRE lewat musik akuistik oleh anggota PIK R. Kegiatan terakhir adalah kunjungan ke sampel rumah sehat yang disuguhkan juga penanfaatan biogas dan pemanfaatan pekarangan untuk warung dan apotik hidup.                       

Menurut Koordinator PKB Gedangsari, Totok Hendrastara, P2WKSS yang merupakan program terpadu peningkatan peran perempuan yang mempergunakan pola pendekatan lintas bidang pembangunan yang terkoordinasi dengan upaya yang diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan guna mencapai tingkat hidup yang berkualitas.       
                
Dalam sambutanya, Kepala DP3AKBPMD, Sujoko, SSos, MSi mengatakan, “Dengan adanya evaluasi P2WKSS, ajang ini tidak semata lomba mencari juara, tetapi lebih jauh agar lebih bisa menggerakkan kelompok perempuan sehingga nantinya bisa meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan keluarganya." Kepala Dinas DP3AKBPMD selaku ketua tim evaluasi menambahkan, "Setelah pembinaan yang dilakukan setelah kurang lebih 2 tahun, Ngalang mengalami kemajuan yang signifikan utamanya kemandirian perempuan, dan pantas untuk mewakili tingkat propinsi." 
                      

Kades Ngalang, Kaderi, dalam sambutannya mengatakan, “Semua persiapan dilakukan gotong-royong dan semangat 17 Agustus, dan itu semua dalam rangka mensukseskan kegiatan evaluasi P2WKSS.”(*)
Purwadi (kontributor Gedangsari)

1 komentar:

  1. Mantap, berprestasilah bawa GK ke tingkat propinsi, sampai Nasional

    BalasHapus