Kamis, 27 Juli 2017

Siswa-Siswi 7 SMP Se-Paliyan Ikrar dan Teken Deklarasi PUP

Bertempat di Aula Kecamatan Paliyan, diadakan Road Show Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) 2017. Kegiatan ini diprakarsai oleh BPPM provinsi DIY dan DP3AKBPMD kabupaten Gunungkidul dan diikuti oleh dinas instansi terkait di wilayah Kecamatan Paliyan, Kepala Desa se-Kecamatan Paliyan, Kepala Sekolah SMP se-Kecamatan Paliyan, tokoh masyarakat, tokoh agama dan perwakilan siswa/siswi dari 7 SMP se-Kecamatan Paliyan.

Menurut Moh Amirudin, SSos, dari DP3AKBPMD Gunungkidul, kegiatan ini sebagai upaya untuk mencegah pernikahan usia anak yang saat ini mengalami kenaikan. Sebab, ujar Amirudin, jika perkawinan dini ini dibiarkan, dampak yang ditimbulkan pernikahan usia anak akan berpengaruh pada permasalahan sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan dan timbulnya perceraian dini serta kemiskinan.

Sementara itu, Koordinator PKB Paliyan, Tri Nur, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan perlindungan dan hak anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal baik kesehatan fisik maupun psikologisnya. “Kedepan, anak-anak di Kecamatan Paliyan diharapkan menjadi anak yang berkualitas, berakhlak mulia dan sejahtera serta tidak putus sekolah dan terjerumus pada tindak kekerasan dan berhadapan dengan hukum. Untuk itu diharapkan peran serta semua pihak untuk mewujudkan anak-anak yang ada diwilayah Kecamatan Paliyan sebagai generasi yang berkualitas untuk masa depan dirinya, keluarga dan bangsa,” ujarnya.



Kegiatan ini diakhiri dengan pembacaan ikrar kesepakatan dari siswa dan siswi serta penandatanganan deklarasi dari semua unsur terkait sebagai upaya kesepakatan dari semua pihak untuk mencegah pernikahan pada usia dini.(*)

Bagus Bayuaji (kontributor Paliyan)

1 komentar: