Selasa, 25 Juli 2017

UPT Puskesmas Playen I Dinilai Tim Akreditasi Kemenkes


Selasa-Kamis (25-27/7) pekan ini berlangsung acara Penilaian Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama di UPT Puskesmas Playen I, Playen, Gunungkidul. Acara berlangsung sejak pagi, jam 07.30 WIB sd selesai, dihadiri oleh Kepala DP3AKBPMD Gunungkidul yang juga sebagai Plt Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Sujoko, SSos, MSi, beserta jajaran Muspika Kecamatan Playen, dinas dan kantor terkait di wilayah Kecamatan Playen, termasuk di dalamnya jajaran PKB Playen.
Dalam sambutannya, Kepala Dinkes Kesehatan Gunungkidul, Sujoko, SSos, MSi, mengatakan bahwa ada dua puskesmas yang mengikuti akreditasi, yakni Puskesmas Gedangsari II dan Puskesmas Playen I. “Topografi Gunungkidul sangat sulit. Jadi wajar jika dari 31 Puskesmas, baru 20 yang diakreditasi. Harapan saya, semoga hasil akreditasi dua puskesmas kami kali ini mendapat hasil yang paripurna,” tegas Sujoko.

Sementara itu, ketua tim surveyor, dari Tim Akreditasi Kemenkes RI, drg Novianto Gozali, SH, mengatakan dalam sambutannya bahwa tujuan akreditasi adalah meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, meningkatkan kinerja petugas kesehatan, serta meningkatkan perlindungan kesehatan terhadap petugas dan masyarakat.

Adapun dari pihak UPT Puskesmas Playen I, dr Yolanda Barahama selaku Kepala UPT, berharap agar Puskesmas Playen I bisa lolos akreditasi, sehingga hal itu bisa menambah semangat para karyawan dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.
Dalam akreditasi kali ini, tim penilai hanya memotret dan melihat kondisi administrasi dan pelayanan di UPT Puskesmas Playen I. Adapun untuk hasil dari penilaian ini akan ditentukan oleh komisi penilaian dari Kemenkes Pusat.(*)

Edy Pranoto (kontributor Playen)

1 komentar: