Selasa, 15 Agustus 2017

Bangkitkan Kelompok BKB, BPKB Wonosari Gelar Orientasi Kader

     Untuk membangkitkan semangat kerja kelompok BKB (Bina Keluarga Balita), BPKB Wonosari mengundang para kader BKB se-Wonosari untuk diberi orientasi. Kegiatan ini berlangsung Selasa (15/8) di BPKB Wonosari, dari jam 09.00 WIB sd selesai.

    Materi yang disampaikan adalah bagaimana trik membangkitkan kembali kelompok-kelompok Tribina, terutama BKB, yang sekian lama ini vakum atau tidak ada kegiatan. Selain itu, ada juga materi tentang tips menjadi orangtua hebat. 


    Materi disampaikan oleh Dra Umi Wasriyati, MM dan Dwiarti Novitasari, SH. Umi yang juga koordinator PKB Wonosari berharap agar kader bisa menggerakkan kembali kegiatan-kegiatan di lini lapangan demi menyongsong alih kelola PKB/PLKB ke BKKBN Pusat. Sedangkan Novi sangat menyarankan agar materi yang disampaikan hari ini bisa ditularkan dan disebarkan ke masyarakat, terutama tentang tips menjadi orangtua hebat tadi, yang jelas sangat penting bagi ibu-ibu anggota BKB.

    Dalam forum atau sesi diskusi, ditemui permasalahan bahwa kader-kader yang lama sudah banyak yang memasuki usia lanjut, sementara untuk mencari kader yang baru agak sulit. Kader mengharapkan agar digalakkan pelatihan bagi kader-kader yang baru, sehingga mereka bisa bekerja dan tetap semangat. 

    Masalah lain yang tak kalah pelik adalah bahwa di Wonosari, yang nota bene merupakan wilayah perkotaan, dirasa sulit ketika akan mengumpulkan para ibu balita sebagai sasaran program BKB. PKB menyarankan agar lebih mudah, pertemuan BKB diintegrasikan dengan kegiatan lain seperti Posyandu balita atau PAUD. (*)


Umi Wasriyati (kontributor Wonsoari)

2 komentar:

  1. Penyuluh KKBPK kec Wonosari mantap. Lanjutkan .....

    BalasHapus
  2. Penyuluh KKBPK kec Wonosari mantap. Lanjutkan .....

    BalasHapus