Rabu, 09 Agustus 2017

Camat Playen: "Semua Pihak Harus Mendukung Program KKBPK"

      Hari ini, Kamis (10/8) berlangsung rapat koordinasi program KKBPK di Kecamatan Playen, Gunungkidul. Rapat bertempat di gedung BPKB Playen, dari jam 09.00 sd 12.00 WIB, dengan peserta sebanyak 30 orang. Hadir dalam acara ini Camat beserta unsur Muspika, PKB, dinas/OPD kecamatan terkait se Kecamatan Playen, kader KB Yandu, dan Kasipel Desa se-Playen. 




      Tema rakor kali ini adalah, "Singkronisasi Program Menyongsong PKB Sebagai PKB Pusat untuk Antisipasi Kesulitan Anggaran Operasional Program KKBPK di Lapangan." Acara dibuka dengan doa, dilanjutkan menyanyikan Mars Indonesia Raya, Mars KB, sambutan Camat, paparan oleh Ketua TP PKK Kecamatan, paparan oleh Koordinator program KB Puskesmas, dan diakhiri tanya jawab.

      Camat yang diwakili oleh Kasipem, Dra Widiyastuti, MSi, dalam sambutannya menegaskan bahwa semua pihak harus mendukung program KKBPK, tanpa kecuali, karena ini merupakan program wajib pemerintah. Sedangkan ketua TP PKK Kecamatan menyampaikan materi ihwal 10 program pokok PKK yang notabene memang sangat singkron dengan program KKBPK.


      Adapun dari UPT Puskesmas, Asih Winarni, AMd Keb, mewakili Kepala UPT Puskesmas, menyampaikan materi tentang trik-trik menjaring peserta KB MKJP. Beliau juga memaparkan fakta bahwa jumlah bidan di Playen terbatas, dan ini jelas berpengaruh juga pada pelayanan KB. Beliau berharap ke depan kekurangan bidan ini bisa segera ditangani.

      Sementara itu, Kapolsek Playen, diwakili IpdanPaeran, meminta agar hasil rakor kali ini bisa disampaikan ke tingkat bawah, sampai desa dan dusun. Di pihak lain Danramil, Pelda Sunardi, meminta dengan sangat agar semua kader sebagai ujung tombak program KKBPK tetap bekerja dengan baik di lini lapangan. 

      Koordinator PKB, Drs Edy Pranoto, menegaskan bahwa karena PKB menjadi pegawai pusat, maka memang perlu singkronisasi program serta pembiayaan di bidang KKBPK. "Kami juga meminta agar PKB bisa masuk di program pelbagai lintas sektor," kata Edy.(*)

Edy Pranoto (kontributor Playen)


3 komentar: