Senin, 14 Agustus 2017

Kader KB Desa Tileng Juara Lomba Hias Tumpeng HUT RI

    Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 72, Kecamatan Girisubo mengadakan serangkaian acara massal, di antaranya adalah lomba pengagungan, lomba olah raga tingkat SD, lomba senam massal, gerak jalan, jalan sehat, lomba menghias tumpeng, lomba mewiru jarik, dan pameran pembangunan. Acara berlangsung dari Selasa (8/8) sd Senin (14/8) di kompleks kantor Kecamatan Girisubo dan dibuka oleh Camat Girisubo, Sukamta, SIP. 


    "Kegiatan ini kita selenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 72, dan sekaligus sebagai wujud syukur atas nikmat kemerdekaan. Dengan kegiatan ini, semoga kita makin inovatif dan produktif mengisi kemerdekaan untuk membangun masa depan bangsa yang lebih baik," kata Camat dalam sambutannya pada Jumat (10/8) di depan peserta lomba olah raga tingkat SD.

    Peserta lomba senam massal, gerak jalan, jalan sehat, dan pameran adalah seluruh elemen masyarakat se-Kecamatan Girisubo, dari  usia SMP hingga dewasa. Lomba  senam massal dilaksanakan di kompleks Kecamatan Girisubo, demikian juga lomba jalan sehat start dari kompleks Kecamatan, jalan kaki kurang lebih 3 km di wilayah Desa Jerukwudel, dan finish di kompleks Kecamatan Girisubo lagi. Panitia memberikan hadiah dan doorprize bagi peserta jalan sehat, yang merupakan pemberian dari instansi atau OPD/dinas di seluruh Kecamatan Girisubo. Pemberian hadiah dan doorprize dilaksanakan dengan cara undian sesuai nomor pendaftaran lomba jalan sehat. Yang menarik, hadiah tertinggi adalah kambing. Ada 3 ekor kambing yang diperebutkan. 
    Sementara itu, untuk pameran pembangunan, rerata diikuti dan diramaikan oleh pelbagai kelompok usaha produktif di desa-desa di seluruh Girisubo. Banyak sekali kelompok usaha yang terlibat aktif dalam acara ini, menjual hasil produksi dan olahannya, yang secara umum berbahan lokal. Kelompok UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera) binaan BPKB Girisubo juga ikut meramaikan acara pameran pembangunan dengan membuka lapak di lokasi, menjual hasil produksinya. UPPKS yang ikut di acara ini adalah dari Desa Pucung dan Desa Tileng. "Alhamdulillah, acaranya sukses, Pak. Kader-kader senang karena dagangannya laku keras sehingga bisa menambah pemasukan mereka," ujar Woro Sastini, SIP, ketua kelompok UPPKS Dusun Mandesan, Tileng, yang juga merupakan wakil ketua Forum IMP Kecamatan Girisubo.




    Woro Sastini sendiri sangat bangga, karena kader-kader KB dari dusun Tileng, Desa Tileng, juga meraih juara pertama dalam lomba menghias tumpeng HUT RI. Untuk lomba ini, pesertanya adalah dari ibu-ibu PKK masing-masing desa se-Girisubo. Kader Dusun Tileng mewakili PKK Desa Tileng. Ada 8 kelompok yang ikut, sesuai jumlah desa. Banyak kriteria penilaiannya, seperti bahan harus lokal, keamanan pangan, keserasian, hemat, dll. Juara kedua diraih PKK Desa Karangawen, juara ketiga diraih PKK Desa Jepitu. Jurinya adalah petugas Promkes UPT Puskesmas Girisubo dan anggota TP PKK Kabupaten, yang di antara mereka adalah Ibu Wabup Gunungkidul.

    BPKB Girisubo sendiri juga membuka stand di acara pameran pembangunan tersebut, melakukan KIE dan konseling program KKBPK kepada para pengunjung. "Acara seperti ini sangat berguna, karena membantu kita dalam sosialisasi dan KIE kepada masyarakat tentang pentingnya program KB," kata Hudoyo, SSos, koordinator PKB Girisubo.(*)

Sabrur Rohim (redaktur, kontributor Girisubo)






2 komentar: