Selasa, 19 September 2017

Roadshow PUP Rongkop, Semua Stakeholder Siap Sukseskan Program Pendewasaan Usia Perkawinan

      
      Hari ini Senin (18/9) telah dilaksanakan kegiatan Roadshow PUP yang bertempat di Pendopo Kecamatan Rongkop yang diikuti oleh semua kepala dinas/instansi, para kepala sekolah SLTA dan SLTP se-Kecamatan Rongkop, Ketua TP PKK Kecamatan dan desa, semua kepala desa, karangtaruna, PIK Remaja dan perwakilan dari pelajar SLTA dan SLTP se-Kecamatan Rongkop. 

      Acara diawali dengan pembukaan yang dipimpin oleh pengacara Sri Sumsiharnanik dari PPKBD Desa Bohol dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars KB yang dipimpin oleh Sumirah dari PPKBD Desa Pucanganom. Setelah itu dilanjutkan laporan penyelengara oleh Koordinator PKB Kecamatan Rongkop, Agus Sutoko, SSos. Dalam laporan tersebut dikatakan bahwa kegiatan tersebut terlaksana atas kerjasama BPPM DIY dengan DP3AKBPMD Kabupaten Gunungkidul. 

      
      Acara roadshow ini dilaksanakan di semua kecamatan se-DIY dan untuk Kecamatan Rongkop dilaksanakan pada hari ini. "Adapun pembiayaan kegiatan ini dibebankan pada DPA BPPM DIY Tahun 2017," demikian Agus mengakhiri laporannya. Setelah laporan penyelenggara oleh Koordinator PKB  Rongkop kemudian diteruskan dengan menyanyikan lagu Ayunda Si Menik dan dilanjutkan Salam GenRe  yang diikuti oleh semua peserta roadshow

      Kemudian acara dilanjutkan dengan talkshow yang dipimpin 
oleh moderator Bekti Yunari dari PPKBD Desa Petir dengan nara sumber dari Camat Rongkop yang diwakili oleh Sekertaris Kecamatan Supomo, SPd MM, dan dilanjutkan dari BPPM DIY yang disampaikan oleh Heru Triyono SKM serta diakhiri dari DP3AKBPMB Kabupaten Gunungkidul M Amirudin, SSos. 

      
      Dalam acara tersebut Sekcam Rongkop Supomo SPd, MM menyampaikan materi "Membangun Remaja yang Sehat dan Ceria" dan dari BPPM DIY Heru Triyono SKM menyampaikan materi "Pendewasaan Usia Perkawinan" serta dari DP3AKBPMD  yang diwakili M Amurdin menyampaikan materi "Pemahaman Kespro (Triad KRR) dan Resikonya."
 

      Acara tersebut berjalan dengan lancar dan cukup meriah, banyak dari para peserta roadshow menyampaikan pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan kepada nara sumber. Pertanyaan dibuka dua termin dengan masing-masing termin sebanyak 3 penanya. Semua penanya dari unsur pelajar, karang taruna, dinas/instansi dan dari semua peserta roadshow yang hadir. 


      Setelah pemberian materi selesai kemudian dilanjutkan dengan acara seremonial yaitu Deklarasi PUP yang diawali dengan pengarahan dari BPPM DIY, Heru Triyono SKM, dan diteruskan dengan pembacaan Petisi Remaja dalam mendukung Program PUP yang diwakili oleh dua orang yaitu Dimas Agil Restu Karuni dari SMA Negeri I Rongkop dan Ninda Ayuni dari SMK Bhinakarya Rongkop. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Komitmen Bersama Penyelenggara Program KRR yang diwakili oleh bapak Ekwantoro SPd, Kepala Sekolah SMA Negeri I Rongkop. 


       Setelah selesai acara tersebut kemudian dilanjutkan penandatangan Deklarasi PUP yang diawali oleh Camat Rongkop yang diwakili oleh Sekcam Rongkop dan diikuti oleh semua kepala dinas/instansi, kepala sekolah SLTA dan SLTP, Kepala Desa, Ketua TP PKK Kec, Karang taruna, PIK Remaja serta perwakilan dari para pelajar. Acara dapat berjalan dengan lancar atas bantuan dari semua PPKBD se Kecamatan Rongkop yang ikut membantu jalannya kegiatan sesuai dengan bidang tugas masing- masing. Dan acara diakhiri dengan pembacaan doa yang disampaikan oleh Kepala KUA Kec Rongkop Drs H Badroni, MA dan ditutup dengan ramah tamah makan siang bersama-sama.(*) [agus sutoko, rongkop]















Tidak ada komentar:

Posting Komentar