Minggu, 17 September 2017

Roadshow "School to School" Sasar PIK-R SMP Negeri 2 Tepus

      Road show "School to School" BPPB Tepus kali ini berlangsung di SMP N 2 Tepus, Kamis (14/9). Roadshow kali ini dengan materi pengenalan konsep gender kepada konselor PIK R "Next Generation Smart" yang ada di SMP 2 Tepus.

     Kegiatan ini diikuti oleh 20 anak baik pengurus maupun konselor sebaya. Penanaman konsep gender ini memberikan pandangan tentang perbedaan seks dan gender, gender equality, dan bagaimana implikasi gender terhadap kehidupan remaja dan anak sekolah. 

      Materi ini penting untuk diketahui agar ada pemahaman pada anak-anak, khususnya anak perempuan, bahwa mereka memiliki hak, tanggungjawab dan peran yg sama dengan laki-laki. Sehingga stereotip yang ada pada masyarakat pinggiran bahwa anak perempuan tidak harus sekolah tinggi, dan anggapan bahwa anak perempuan harus cepat-cepat menikah agar tidak dikatakan "kasep" untuk tidak diamini oleh remajanya. Harapannya, pemahaman konsep gender akan dianggap sebagai hal yang penting bagi mereka. 

      Selain pemberian materi, dalam kegiatan juga diadakan diskusi tentang gender dan kesehatan reproduksi, yang membahas tentang persoalan-persoalan reproduksi remaja akibat pemahaman gender yang salah. 

      Kegiatan pembekalan konselor ini dilaksanakan oleh BPKB Tepus bekerjasama dengan bidan pengampu wilayah yaitu Nurul Mairika, AMd Keb, dengan materi kesehatan reproduksi. Selain itu, ada juga pemateri dari Polsek Tepus, Bhabinkabtibmas Bripka Suharyanto, dengan materi bahaya napza. (*) [dwi listyandari, tepus]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar