Selasa, 10 Oktober 2017

BPKB Playen Siap Dukung PKK Rebut Juara Nasional Lomba "Hatinya PKK"

Kunjungan Tim Penggerak PKK Propinsi DIY ke Desa Gading, Kecamatan Playen, 9 April 2017 silam, membawa berita gembira, yakni bahwa PKK Kabupaten Gunungkidul meraih juara satu dalam lomba Hatinya PKK. Konsekuensinya, PKK Gunungkidul harus siap maju ketingkat nasional besok April 2018.



Dalam pembinaannya, ketua TP PKK Propinsi DIY, Asyanti, menuturkan ada beberapa hal yang perlu disiapkan, al: keterlibatan dukungan SKPD terkait, terutama Dinas Pertanian, LIPI, Dinkes, dsb, termasuk Kecamatan, mengingat PKK itu tidak punya dana, bisanya cuma sebagai penggerak. Hal lain yang perlu disiapkan adalah penanaman baik bibit buah maupun sayuran sebagai inti kegiatan untuk meningkatkan gizi masyarakat.  Tidak kalah pentingnya perlu disiapkan lebih lengkap laporan administrasi PKK dari desa sampai kabupaten.

Sedangkan Camat Playen, Muh Setiyawan, SH, MSi, menyampaikan perlunya masyarakat beli sayur makan sayur dari Desa Gading bukan dari luar daerah. Beliau juga menyampaikan perlunya SKPD terkait membantu PKK untuk mengimbangi semangat gerak kegiatan PKK yang siap maju lomba.

Koordinator PKB, Drs Edy Pranoto, menambahkan perlunya mengoptimalkan kelompok UPPKS yang ada untuk bersinergi dengan PKK dalam pemanfaatan pekarangan termasuk mengolah hasil pertanian.

Dari Dinas Pertanian, Fajar, siap membantu bibit buah yang siap panen pada saat lomba nanti.


Setelah pembinaa, acara dilanjutkan dengan penyerahan piagam juara lomba BBGMM oleh ketua TP PKK DIY kepada ketua Tim PPKK Desa Gading. Penyerahan sertifikat kejuaraan disaksikan camat Playen. Acara dilanjutkan kunjungan lapangan ke kebun lombok dan warung hidup di Gading I, Gading V, dan berakhir di Gading IV.(*) [edy pranoto, playen]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar