Senin, 30 Oktober 2017

Tuntas! Bupati Gunungkidul Resmi Canangkan 15 Kampung KB

      Sebagaimana diketahui, di Gunungkidul telah ada 3 (tiga) Kampung KB yang didirikan pada 2016 kemarin, yakni di tiga kecamatan: Playen, Girisubo, dan Semin. Tiga Kampung KB itu sebenarnya sudah melampaui target, karena pada 2016, target dari BKKBN Pusat adalah 1 kabupaten 1 Kampung KB. Adapun untuk tahun 2017 ini, ditargetkan untuk setiap kecamatan ada 1 Kampung KB. Dan, alhamdulillah, meski paling terakhir di antara semua kabupaten/kota se-DIY, akhirnya 15 kecamatan yang tersisa telah dibentuk Kampung KB. 

 
      Itu terjadi kemarin, Senin (30/10), bertempat di Bangsal Sewoko Projo Kabupaten Gunungkidul, dalam acara "Review Program KKBPK dan Pencanangan Kampung KB Kabupaten Gunungkidul". Hadir dalam acara tersebut Kepala BKKBN DIY (diwakili oleh Dra Sriana Suji Mulyani, pembina wilayah Gunungkidul) dan tim, OPD terkait Pemda Gunungkidul, Camat se-Gunungkidul, kades dan dukuh sampel Kampung KB, Koordinator PKB, serta PKB se-Gunungkidul. 

      Dalam sambutannya, yang dibacakan oleh Dra Sriana Suji Mulyani, Kepala Perwakilan BKKBN DIY mengatakan bahwa pembentukan Kampung KB merupakan implementasi dari agenda pembangunan prioritas (Nawacita) Presiden Joko Widodo ke 3, 5, dan 8, yakni "membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan"; "meningkatkan kualitas hidup manusia"; dan "revolusi karakter bangsa". Kampung KB ini merupakan instruksi Presiden, sebagai salah satu upaya strategis untuk mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas program KKBPK.

     "Keberhasilan Kampung KB sangat dipengaruhi oleh kerjasama lintas sektor terkait di Kabupaten Gunungkidul, peran swasta, peran Toma/Toga, pemuda, dan kader masyarakat, sehingga harapan kita keberadaan Kampung KB bisa membuahkan hasil, yaitu: peningkatan kualitas SDM dan percepatan peningkatan kesejahteraan rakyat di Kabupaten Gunungkidul," ujar Kepala Perwakilan BKKBN DIY.

      Sementara itu, dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala DP3AKBPMD Gunungkidul, Sujoko, SSos, MSi, Bupati Gunungkidul sangat berterimakasih kepada para pemangku kepentingan dari tingkat  kabupaten hingga kecamatan, desa, dan dusun, yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan program KKBPK di Gunungkidul. Terkait dengan Kampung KB yang akan dicanangkan hari ini, Bupati menegaskan bahwa Kampung KB ini merupakan program pemerintah yang didukung oleh beberapa kementerian. Ada edaran Mendagri tentang pembentukan Kampung KB ini, dan nanti akan disusul dengan Inpres. 

      "Saya mendengar laporan bahwa pencapaian kesertaan KB di Gunungkidul per bulan ini masih jauh dari target yang diharapkan. Oleh karena itu, saya sangat berharap bahwa keberadaan Kampung KB di seluruh kecamatan di Gunungkidul nanti akan ikut berkontribusi lebih besar lagi dalam menyukseskan program KKBPK di wilayahnya masing-masing, dan secara khusus lagi juga bisa ikut meningkatkan kesertaan KB," ujar Bupati.

      Setelah sambutan dibacakan, kemudian secara resmi Kepala DP3AKBPMD, Sujoko, SSos, MSi, mewakili Bupati Gunungkidul, mencanangkan 15 Kampung KB se-Kabupaten Gunungkidul. Dikatakan oleh Sujoko, bahwa pada tanggal 13 November 2017 besok, seluruh pengelola Kampung KB (17 kecamatan, minus Playen), akan mendapatkan pelatihan di kantor Perwakilan BKKBN DIY.

      Setelah pencanangan, acara dilanjutkan sarasehan tentang Kampung KB bersama Kabid Adpin BKKBN DIY yang notabene menangani roadmap Kampung KB, Dra Ita Suryani, MKes.(*) [Sabrur Rohim, Girisubo]     
        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar