Rabu, 15 November 2017

Toma Bulu, Bejiharjo: "Kampung KB Jangan Cuma Dibentuk, Tetapi Didampingi dengan Program dan Dana!"

     
Menindak lanjuti pencanangan Kampung KB tanggal 30 Oktober 2017 di Bangsal Sewoko Projo, Camat Karangmojo diikuti dinas terkait antara lain PKB, UPT Puskesmas, KUA, PPL, dan UPT PAUD SD mengadakan pembinaan di lokasi Kampung KB, yaitu di Padukuhan Bulu, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Rabu (8/11) jam 13.00 WIB. 

      Pada acara tersebut Dukuh Bulu, Agung Subekti memberikan laporan kepengurusan Kampung KB yang sudah terbentuk sesuai hasil sosialisasi beberapa waktu lalu. "Sudah disiapkan juga kader Bina-bina, tinggal menunggu kapan akan diadakan pelatihanya," ujar Agung.

      Acara dilanjutkan pengarahan oleh Camat, Dra Wastana. Camat menegaskan Kampung KB adalah milik bersama bukan hanya milik BKKBN atau petugas KB. "Di era sekarang KB sudah tinggi dalam capaiannya, tinggal mencapai kesejahteraan, dan ini bisa diwadahi melalui Kampung KB,' ujar Camat. 

      Camat memberikan contoh program, misalnya pencegahan pernikahan dini yang di sini melibatkan KUA. "Saya sudah cek di KUA terkait dengan pernikahan, sesuai atau belum dengan harapan. Alhamdulillah, ternyata di Bulu tidak ada nikah dininya," ujar Camat bangga. 

      Ada beberapa tanggapan dari lintas sektor dan dinas terkait. Misalnya dari PPL siap memberi bibit dan bimbingan teknis. Pihak UPT Puskesmas siap menyasarkan semua programnya di Kampung KB. UPT PAUD dan SD secara khusus akan menyasar ke anak usia wajib sekolah. Sebab, di Bulu ternyata ada beberapa anak yang harusnya wajib sekolah tetapi tidak sekolah. Maka ini menjadi PR yang harus dicermati.

     
Adapun dari BPKB, Dinarsih selaku koordinator PKB mengatakan, karena Kampung KB ini merupakan program dari BPKB, maka tentu saja semua program-program unggulan bidang KB akan diimplementasikan di Kampung KB ini. "Yang jelas, kami tidak mungkin bekerja sendiri. Maka kontribusi semua pihak kami harapkan," pinta Dinarsih.

     Suharno, tokoh masyarakat Dusun Bulu, mengharapkan agar Kampung KB ini jangan hanya dibentuk saja. "Harus ada tindak lanjut atas program ini. Mohon agar diberi pendampingan baik secara program ataupun anggarannya," ujar Suharno.(*) [dinarsih, karangmojo]

      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar