Minggu, 10 Desember 2017

Baksos KB, BPKB Girisubo Jaring 127 Akseptor Implan dan 53 Akseptor IUD

      Sabtu (9/12) berlangsung acara bakti sosial program KB, bertempat di BPS "Assalam", Tileng, Girisubo, milik Pak Tus. Areal BPS yang luas menjadikannya mampu menampung banyak calon akseptor dari seluruh desa dari Kecamatan Girisubo.

      Ada 10 bidan UPT Puskesmas Girisubo yang dikerahkan dalam pelayanan ini, ditambah 15 bidan dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Gunungkidul. "Bidan memang kami kerahkan semua ke acara ini, demi suksesnya program KKBPK Girisubo, terutama MKJP-nya yang selama ini agak rendah capaiannya," ujar Kepala UPT Puskesmas Girisubo, Sugondo, SST, MM di sela-sela kegiatan tersebut.

      Kasi KB-KS DP3AKBPMD Gunungkidul, Moh Amirudin, SSos, yang juga hadir dalam acara tersebut mengaku gembira dengan antusiasme masyarakat dalam mengikuti program ini. "Inilah yang menjadi ciri khas warga Gunungkidul, bahwa untuk kegiatan baksos KB pasti selalu meriah, pesertanya melampaui target. Karena di sini ada modal sosial, bahwa masyarakat akan lebih bersemangat jika menjalani kegiatan secara bersama-sama," papar Amirudin.

      Koordinator PKB Girisubo, Hudoyo, SSos, mengatakan bahwa suksesnya kegiatan ini tidak lepas dari bantuan pelbagai pihak, baik tokoh agama, tokoh masyarakat, kader, dan lintas sektor. "Kami melakukan sosialisasi sebanyak dua kali, yang diikuti oleh kader, toma toga, dan diisi oleh petugas dari Puskesmas, dari Kecamatan, dari DP3AKBPMD, dan PKB. Kader-kader juga berperan dalam menjaring peserta, sehingga alhamdulillah pesertanya lumayan banyak, bahkan melampaui target," ujar Hudoyo.

      Bikor KIA-KB UPT Puskesmas Girisubo, Sumiyati, AMd Keb, melaporkan bahwa Baksos KB kali ini berhasil menjaring 127 akseptor implan (susuk KB) dan 53 akseptor IUD (spiral). "Alhamdulillah, pesertanya sesuai yang kita harapkan, baik dari segi kuantitas maupun sebaran asal wilayah. Semua desa di Girisubo ada repesentasi pesertanya," pungkas Sumiyati.(*) [sabrur rohim, girisubo]


1 komentar: