Senin, 15 Januari 2018

Bupati Resmikan Gedung Baru UPT Puskesmas Girisubo

      Kamis (11/1) UPT Puskesmas Girisubo menggelar hajat besar, yakni peresmian gedung baru yang berlokasi di Dusun Ploso, Tileng, Girisubo. Acara dihadiri oleh Muspika Girisubo, OPD terkait se-Girisubo, kepala Puskesmas se-Gunungkidul, kepala desa se-Girisubo, aparat desa Tileng, serta kader KB-Yandu se-Girisubo.

      Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan sambutan Camat. Camat Girisubo, Sukamto, SIP, dalam sambutannya menyatakan bahwa berdirinya gedung UPT Puskesmas Girisubo yang sangat megah dan besar nan luas ini merupakan wujud komitmen Bupati yang fokus menggarap zona wisata. Sebagaimana diketahui, lanjut Camat, Girisubo selain merupakan zona wisata juga zona jalan jalur lintas selatan (JJLS), sehingga dukungan layanan kesehatan yang lengkap dan komprehensif merupakan keniscayaan, karena akan banyak masyarakat sekitar dan lintas daerah yang tentu akan ikut mangakses.

      Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, dr Dewi Irawaty, MKes, dalam sambutannya memaparkan bahwa gedung baru UPT Puskesmas Girisubo dibangun dengan menelan biaya sekitar  4,3M, dengan luas bangunan hampir 2 ribu m2, serta luas tanah sekira 4 hektar. Irawaty berharap bahwa dengan berdirinya gedung baru yang megah dan luas ini, semoga akses masyarakat akan layanan kesehatan makin maksimal sehingga derajat kesehatan kian meningkat.

      Sementara itu, sambutan Bupati Gunungkidul diwakili oleh Staf Ahli bidang Ekonomi dan Pembangunan, drh Krisna Berlian, Dalam sambutan yang dibacakan oleh Krisna, Bupati pada intinya menekankan tiga poin. Pertama, bahwa bangunan fisik Puskesmas yang megah tidaklah cukup, tanpa dilengkapi dengan kualitas layanan yang prima. Ini menjadi tanggungjawab jajaran karyawan Puskesmas untuk maksimal dan bermutu dalam memberi pelayanan. Kedua, tugas penting Puskesmas sesungguhnya bukan cuma memberi pelayanan, tetapi juga memberi edukasi yang baik kepada masyarakat tentang PHBS, sehingga penyakit bisa dicegah. Sebab betapa pun juga, pencegahan lebih utama ketimbang mengobati. Ketiga, Bupati mengajak kepala desa, tokoh agama, dan tokoh masyarakat untuk membudayakan PHBS atau perilaku hidup bersih dan sehat agar derajat kesehatan masyarakat makin baik, meskipun layanan kesehatan juga makin mudah diakses.

      Setelah menyampaikan sambutan Bupati, selanjutnya Krisna meresmikan gedung baru UPT Puskesmas Girisubo secara lisan, diteruskan penandatanganan prasasti, pengguntingan pita, lalu mengecek ruang-ruang pelayanan, bangsal, klinik, gudang, dan aneka sentra layanan lainnya di lingkungan UPT Puskesmas Girisubo, dengan didampingi oleh Kepala UPT Puskesmas, Kadinkes, Muspika, OPD terkait, serta diiringi oleh para kepala UPT Puskesmas se-Gunungkidul.

      Sementara  itu, menanggapi diresmikannya gedung baru UPT Puskesmas Girisubo, Koordinator PKB  Girisubo, Hudoyo, SSos berharap semoga kualitas layanan semakin meningkat, termasuk di dalamnya layanan KB. Hudoyo juga berkomitmen bahwa jajaran PKB siap bekerjasama dengan Puskesmas untuk memberi pelayanan yang baik kepada masyarakat, khususnya di bidang KB.(*) [sabrur, redaktur & kontributor girisubo]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar