Selasa, 09 Januari 2018

Selasa (16/1), IPeKB Gunungkidul Akan Gelar Pelatihan E-Visum Bagi PKB

     Jumat (5/1), bertempat di Balai Penyuluh Keluarga Berencana Kecamatan Panggang, diadakan pertemuan rutin Paguyuban Koordinator PKB se-Kabupaten Gunungkidul. Sejak jam 10.00 pagi rekan rekan Koordinator sudah mulai hadir.

     Jam 10.30 tepat acara dimulai dengan ucapan selamat datang dari tuan rumah, yang disampaikan oleh Supriyana, SE, Koordinator PKB Kecamatan Panggang. Ada beberapa hal yang disampaikan oleh beliau, pertama mengucapkan terima kasih atas kehadiran temen-temen koordinator, dan disampaikan pula sebagai ketua Paguyuban Koordinator, Supriyana, SE, menghaarapkan pertemuan rutin koordinator agar tetap dilaksanakan dan mengajak untuk meningkatkan kinerja seiring dengan alih kelola Penyuluh KB ke BKKBN Pusat.
     Pada pertemuan hari itu, karena banyaknya kesibukan di tingkat kabupaten, maka kepala DP3AKBP dan D kabupaten Gunungkidul dan Kabid Keluarga Berencana pamit tidak dapat menghadiri. Karena tidak ada pejabat dari kabupaten yang hadir, forum peretemuan digunakan untuk saling tukar informasi masing-masing kecamatan yang dipandu oleh Ir Sihana Yuliarta.
     Ir Sihana Yuliarta sebagai Ketua DPC IPeKB Guunungkidul sebagai pengantar menyampaikan, pasca alih kelola Penyuluh KB ke BKKBN Pusat, pelaksanaan e-visum merupakan harga mati, mau tidak mau, suka tidak suka seluruh Penyuluh KB harus menuangkan semua kegiatan yang dilakukan ke e-visum. Karena melalui e-visum digunakan untuk mengukur kinerja yang berimbas pada besar kecilnya tunjangan kinerja yang akan diterima.
     Karena e-visum merupakan hal yang baru dan diperlukan skil dalam pengoperasiannya, sedangkan kualitas SDM Penyuluh KB sangat beragam, maka dalam penerapannya sering ada kendala di sana sini. Sebagai upaya agar Penyuluh KB dalam melaksanakan kegiatan  e-visum  dapat berjalan lancar maka DPC IPeKB Gunungkidul berinisiatif mengadakan Sosialisasi Pelaksanaan E-Visum Program KKBPK, yang mengundang narasumber Ir Yulia Suryani Dewi, Penyuluh KB dari Kota Yogyakarta. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 16 Januari 2018 yang bertempat di gedung baru DP3AKBPMD.
      Pada pertemuan tersebut juga muncul gagasan-gagasan yang sangat bermanfaat untuk meningkat kinerja Penyuluh KB, antara lain: Pertama, diharapkan ada perubahan point-point kegiatan khususnya untuk PKB Ahli Madya, karena ada beberapa poin kegiatan yang dianggap sudah tidak relevan; kedua, forum pertemuan paguyuban koorditor diharapkan ditingkatkan fungsinya, misalnya koordinator yang ketempatan diharapkan menyampaikan evaluasi Pencapaian Program KKBPK di wilayah kecamatannya; ketiga, perlu dibentuk tim kecil, untuk menseragamkan dalam memberikan narasi pada kegiatan e-visum.
      Tepat jam 11.20 acara ditutup, berbagai hal harus ditindaklanjuti. Harapan kita smua tentunya dengan diberlakukannya e-visum Program KKBPK, kinerja PKB semakin meningkat termasuk kesejahteraannya. [sihana yuliarto, tanjungsari & diedit oleh sabrur girisubo]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar