Minggu, 18 Februari 2018

PENTING!!! Inilah Aturan Terbaru Pelayanan MOW/MOP di RS DKT Yogyakarta

      Pelayanan kontrasepsi mantap (kontap), yakni MOW (tubektomi) dan MOP (vasektomi) untuk tahun 2018 akan bergulir lagi mulai akhir Februari ini, khususnya di RS DKT Yogyakarta. Demikian dikatakan oleh staf bidang KB DP3AKBPMD Gunungkidul, Sarindi, Kamis (15/2) kemarin. 

      Menurut Sarindi, belum lama ini telah terjadi kesepakatan antara Perwakilan BKKBN DIY dan RS DKT terkait dengan pelayanan MOW/MOP. Beberapa poin hasil kesepakatan tersebut ada yang konvensional, tetapi ada juga yang baru. Berikut ini yang disampaikan oleh Sarindi ihwal poin-poin kesepakatan antara Perwakilan BKKBN dan RS DKT yang dalam pemabahasan MoU-nya juga dihadiri oleh OPD KB se-Provinsi DIY:

      1. RS DKT melayani baik pasien peserta BPJS ataupun bukan peserta BPJS. Hanya saja, untuk pasien yang memiliki penyakit peserta seperti hipertensi, asma, diabetes, dan obesitas (>60) tidak bisa dilayani.

      2. Pasien dengan anak di atas 4, atau pasien dengan bekas operasi (caesar), akan tetap dilayani, dengan syarat memiliki kartu BPJS/KIS untuk pengklaiman biayanya.

      3. Pasien harus lolos screening di Puskesmas setempat, karena RS DKT tidak akan melakukan screening. Kepada pasien yang akan dilayani, harus membawa syarat-syarat sbb: a. surat rujukan dari Puskesmas; b. FC KK; c. FC KTP; d. FC kartu BPJS; dan e. surat riwayat penyakit.

      4. Pasien MOP sudah bisa dilayani mulai tanggal 14 Februari 2018, maksimal 5 (lima) orang. Pelayanan hanya pada hari Rabu.

      5. Pasien MOW bisa dilayani per Maret 2018, minimal 5 orang dan maksimal 10 orang. Pelayanan hanya pada hari Jumat. (*) [Sabrur, Girisubo]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar