Jumat, 09 Maret 2018

Kepala DP3AKBPMD: "Semua Kegiatan Harus Di-upload di Web!"

Dalam rangka meningkatkan kapasitas pegawai di bidang TI, khususnya cara menayangkan foto dan tulisan di website resmi kedinasan, maka Kamis (8/2) pagi kemarin diadakan pelatihan praktis menulis berita dan upload foto. Pesertanya adalah para kabid dan staf bidang pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, KB, pemberdayaan masyarakat & desa di lingkungan DP3AKBPMD Gunungkidul. Jumlah peserta keseluruhan 15 orang. 

      Pembicaranya ada dua, yakni Sabrur Rohim, SAg, Penyuluh KB Girisubo yang sekaligus pengelola blog resmi IPeKB Gunungkidul, www.ipekbgunungkidul.blogspot.com, dan Hari Susanto, SKom, MEng, dari Diskominfo Kabupaten Gunungkidul. 

      Hadir dalam acara ini, Kepala DP3AKBPMD, Sujoko, SSos, MSi, dan Seketaris Dinas, Sri Purwaningsih.

      Sebelum materi, seremoni acara terlebih dulu dibuka oleh Kasi Pemberdayaan Masyarakat, Nunung Sutejo, dilanjutkan sambutan oleh Kepala DP3AKBPMD Gunungkidul, Sujoko, SSos, MSi. Dalam sambutannya, Kadin menegaskan pentingnya kemampuan TI (teknologi informasi) di era sekarang. Dan ini, menurut beliau, harus dimiliki oleh semua pegawai. "Kita memiliki website sendiri. Namun sayang, selama ini kurang dimanfaatkan dengan baik. Padahal, itu penting sebagai sarana dokumentasi kegiatan. Kegiatan apa pun, jika tidak ada dokumentasinya, menjadi tidak bermakna. Oleh karena itu, setelah pelatihan ini, saya minta semua bidang agar meng-upload kegiatannya, baik berupa narasi ataupun foto-fotonya di website resmi kita. Kita jangan kalah dengan OPD lain yang sudah aktif mengisi website-nya dengan berita-berita aktual," pinta Sujoko.

      Seusai sambutan Kadin, acara langsung masuk ke materi. Sabrur memaparkan tentang tips untuk menumbuhkan kesenangan dan kecintaan terhadap dunia tulis-menulis. Yang harus ditumbuhkan, pertama-tama, kata Sabrur, adalah keinginan untuk mengabadikan pikiran agar bisa dinikmati, dibaca, oleh anak cucu kita. Jika kita mewariskan hal-hal yang baik, di antaranya lewat tulisan, maka itu akan menjadi amal jariah yang terus mengalirkan pahala. 

      Sabrur lalu menyampaikan tentang rumus menulis berita (news) yang baik, yakni mengacu pada 5W+H, singkatan dari what (apa), why (kenapa), where (di mana), when (kapan), who (siapa), dan how (bagaimana). "Sebuah berita akan dikatakan bagus dan lengkap jika muatannya mengandung 6 unsur di atas. Tidak peduli panjang atau pendek, jika ke-6 rumus tersebut terpenuhi, maka itu sudah menjadi sebuah berita yang layak tayang," ujar Sabrur. 

      Setelah materi rampung, Sabrur membimbing peserta untuk praktik menulis berita, dan alhamdulillah terbuat satu berita hasil "keroyokan" semua peserta, tentang kegiatan "Hari Kasih Sayang di Banaran," Playen.

      Materi kedua, tentang cara meng-upload tulisan atau foto ke website resmi Dinas, disampaikan oleh perwakilan dari Diskominfor, Hari Susanto, SKom, MEng. Hari, demikian panggilan akrabnya, mengiyakan apa yang disampaikan oleh Kadin di awal, bahwa website resmi Dinas Pemberdayaan paling sepi dibanding website OPD lain, karena memang kontennya sedikit, tidak pernah di-update. Oleh karena itu, Hari sangat berharap para peserta benar-benar aktif menulis setelah mengikuti pelatihan ini.

      Dalam sesi ini, Hari langsung memandu cara masuk ke Admin situs resmi www.pemberdayaan.gunungkidulkab.go.id, lalu melatih pelan-pelan cara mengganti username, password, cara mengupload narasi dan foto, cara mengupload file-file PDF (khususnya tentang peraturan-peraturan pemerintah, dll), dan sebagainya, sampai peserta benar-benar mahir. 

      Sebelum jam 12.00 WIB, acara sudah selesai dan ditutup oleh Sekdin Sri Purwaningsih. Sekdin mengucapkan terimakasih kepada narsum dan semua peserta, dan sangat berharap, ilmu yang diperoleh hari ini diamalkan sesuai bidang tugas masing-masing, karena juga akan menjadi acuan untuk pemberian tunjangan kinerja (tukin). (*) [Sabrur-Girisub]
   

3 komentar: