Jumat, 30 Maret 2018

PIK-R Bulu Succes Bejiharjo Memiliki "Pondok Baca"

Pada kegiatan Evaluasi Perkembangan Desa Tahun 2018 di Desa Bejiharjo yang dilaksanakan pada Rabu (28/3), Ketua Tim Penilai yang juga Kepala DP3AKBPMD Kabupaten Gunungkidul, Sujoko, SSos, MSi, sekaligus meresmikan Kampung KB Maju Makmur Padukuhan Bulu, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo.
Peresmian dilakukan dengan membuka tirai pada papan nama Kampung KB. Setelah itu dilakukan pemutaran video sekilas profil dan kegiatan yang ada di Kampung KB, baik itu kegiatan dari BKB, BKR, BKL, Posyandu, UPPKS dan PIK-R. Juga ditampilkan potensi yang ada di Kampung KB, diantaranya hasil kelompok UPPKS yaitu bakpia dan kerajinan blangkon. Selain meresmikan Kampung KB, Sujoko juga melaunching  majalah  remaja, Idola Remaja, yang dikelola  oleh PIK-R Bulu Succes. Kegiatan launching dilakukan dengan penyerahan majalah oleh  Pembina PIK-R, Fandi Ahmad, kepada Kepala DP3AKBPMD.

Dalam paparannya, Ketua Kampung KB Maju Makmur yang juga Dukuh Bulu, Agung Subekti, menyampaikan bahwa kegiatan Kampung KB ini sesuai dengan Nawa Cita Presiden Jokowi, yaitu Cita ke 3,5 dan 8 yang intinya membangun Indonesia dari pinggiran, meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia dan melakukan revolusi karakter bangsa. Dukuh sangat mengharapkan arahan dan dukungan untuk pengembangan Kampung KB.

Kepala DP3AKBPMD juga memberi sambutan, di mana dalam pesannya Sujoko berpesan agar kegiatan Kampung KB yang sudah cukup bagus ini lebih ditingkatkan khususnya dengan menjalin kerja sama  dengan lintas sektor yang ada, lebih  khusus lagi  untuk kegiatan yang bersifat pemberdayaan masyarakat.

Pondok Bahasa
Membaca adalah kunci dalam belajar atau menuntut ilmu. Sampai Nabi Muhammad SAW yang buta huruf pun, ketika menerima wahyu yang pertama kali berbunyi Iqra (bacalah). Bagaimana mungkin orang buta huruf disuruh membaca. Itu menunjukkan arti pentingnya membaca. Mengetahui arti pentingnya kegiatan membaca tersebut dan juga keprihatinan melihat rendahnya minat baca warga Padukuhan Bulu dan sekitarnya, menggelitik PIK-R Bulu Succes  yang digawangi oleh Dukuh Bulu sebagai Pelindung, Fandi Ahmad sebagai Penanggung Jawab dan juga PKB karangmojo sebagai Pembina, dengan Ketua I Arman, Ketua II Syaiful Akbar, Sekretaris Alfian Damayanti, Seksi Pendidikan Diah Nuruhmah, dan Seksi Humas Fitria, mempunyai ide untuk membentuk Pondok Bahasa.

Pondok Bahasa adalah suatu wadah sebagai tempat remaja dan masyarakat untuk menambah pengetahuan dengan kegiatan membaca dan belajar. Di sebut pondok karena tempat kegiatan menggunakan salah satu bagian rumah Fandi Ahmad sebagai lokasi pembelajaran dan kata bahasa karena kegiatan unggulannya adalah pembelajaran bahasa Inggris. Pondok ini memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin menularkan ilmunya kepada remaja dan seluruh warga Bulu dan sekitarnya.

Menurut Fandi Ahmad sebagai penanggungjawab menceritakan bahwa yang berkunjung ke Pondok Bahasa ini bukan hanya WNI  saja, tetapi juga WNA. Jadi Pondok Bahasa ini terbuka bagi siapa saja yang ingin menyumbangkan dan mengamalkan ilmunya untuk berbagi kepada sesama. Yang penting berniat tulus dan ikhlas. Untuk  meningkatkan minat baca remaja dan warga selain membentuk Pondok bahasa, PIK-R Bulu Succes juga menerbitkan majalah Idola Remaja yang sudah dilaunching oleh Kepala DP3AKBPMD Kabupaten Gunungkidul. Meskipun dengan segala keterbatasannya, tetapi PIK-R Bulu Succes akan terus berupaya menerbitkan majalah ini dengan rutin, demikian disampaikan Fandi.(*) [yudi, karangmojo]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar