Sabtu, 14 April 2018

Kerja Bareng, Seneng Bareng...! Outbond Bersama Membangun Sinergi Kader KB dan Kader PKK

Outbond bersama antara Kader KB,  kader PKK, dan Bhabinkamtibmas Desa Giripanggung berlangsung meriah.  Acara yang digelar Kamis (12/4) ini bertempat di Pantai Sundak, yang diikuti oleh seluruh kader KB dari 14 Padukuhan, Tim Penggerak PKK Desa Giripanggung, dan Babinkamtibmas Desa.  

Tujuan kegiatan adalah untuk membangun kerjasama yang kokoh sehingga pelaksanaan program KKBPK di lapangan dapat berjalan dengan optimal.  Kegiatan outbond yang dilaksanakan terdiri dari kegiatan yang membangun motivasi,  kekompakan tim, dan juga kreativitas KIE. 

Selain kegiatan outbond juga ada beberapa perlombaan yang berhubungan dengan program KKBPK dan program PKK, antara lain,  lomba yel yel KB,  lomba penyuluhan, lomba merias wajah, dan lomba miru jarik.

Filosofi yang dibangun dari kegiatan ini adalah ingin menumbuhkan rasa kebersamaan dalam penggarapan program di lini lapangan. Terbukti, dengan kekompakan, hal itu mampu membawa nama desa ini melambung di tingkat nasional pada tahun 2015 berhasil masuk 5 besar nasional dalam Lomba Kesatuan Gerak PKK,  KB, dan Kesehatan. Semua berkat kerjasama yang baik dari sektor-sektor  yang terkait.


Beberapa program inovasi yang dijalankan oleh keterpaduan PKK dan KB adalah adanya gerakan "Gendong Tas Dhisik lagi Gendong Bayi", yang disosialisasikan secara terpadu di seluruh padukuhan yang ada di Desa Giripanggung.  Gerakan ini sebagai upaya pencegahan pernikahan dini dengan membangun komitmen masyarakat untuk menyekolahkan anaknya terlebih dahulu minimal sampai jenjang SLTA. 


Inovasi yang lain yang dilakukan secara terpadu ialah gerakan "Magis Too TV",  yaitu gerakan magrib tekan isya' tanpa TV, yang bertujuan untuk membangun komunikasi keluarga. Gerakan ini dicanangkan pertama kali di Padukuhan Regedeg yang diikuti dengan gerakan bumbung penyelamat untuk aktivitas merokok tidak boleh di dalam rumah. 

Sementara itu, ada pula kegiatan rutin yang telah terjalin baik kerjasamanya, yakni pembinaan rutin secara terpadu setiap bulannya. Bukti nyata dari keterpaduan kegiatan ini terihat dari rencana anggaran dari PKK yang cukup banyak mengakomodir kegiatan KKBPK ditingkat desa.(*) [listyandari & fifin, tepus] 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar