Rabu, 11 April 2018

Komunitas Budaya Ngalang, Gedangsari, Gelar Dialog dan Gelar Seni ke-106




Jum'at (6/4) malam telah digelar even Dialog dan Gelar Seni "Yoga Semesta" yang bertempat di Balai Desa Ngalang Kecamatan Gedangsari, yang di mulai pada pukul 19.00 WIB. Acara Yoga Semesta yang di prakarsai oleh Komunitas Budaya di Desa Ngalang ini merupakan seri yang ke 106. Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Gunungkidul, Dr Drs Immawan Wahyudi, MH, mewakili Bupati Gunungkidul yang berhalangan hadir.

Dialog dilakukan dalam bentuk talk show dengan narasumber Johanes de Britto Proyono, MSc (Kepala BPS DIY), Dr Wing Wahyu Winarno, MAFIS, Ak, CA (staf pengajar jurusan akuntansi bidang keahlian statistik SII STIE YKPN), Drs Untung Sukaryadi MM (Kepala Dinas Sosial DIY), dan sebagai host Martono Imam Santoso, SIP, selaku Camat Gedangsari.

Yogya Semesta di Desa Ngalang ini juga dihadiri oleh segenap pimpinan OPD Gunungkidul, para camat dan kepala desa se-Kecamatan Gedangsari, dan segenap eleman pemerintahan Kecamatan Gedangsari dan masyarakat desa sebagai tuan rumah. Hadir juga di even ini, Kepala DP3AKBPMD Gunungkidul, Sujoko, SSos, MSi. Acara dimeriahkan pentas Forum Anak Desa Ngalang pimpinan Eko Sutardi dan pagelaran seni kontemporer Wayang Cakruk binaan Dinas Sosial DIY dengan lakon, Gedangsari Bangkit Ambangun Praja.

Salah satu poin penting yang menjadi bahasan dalam talk show pada acara ini adalah upaya pelurusan data kemiskinan DIY sebagai upaya penyadaran martabat manusia. Martono Iman Santoso selaku camat Gedangsari menyampaikan, "bagamana upaya mengubah mental prilaku masyarakat agar tidak lagi mau menerima atau bahkan menolak BLSM". Dalam sambutan terpisah, Wabup dengan bercanda mengistilahkannya sebagai, "Bantuan Langsung Sak Matine", yang lalu disambut senyum dan tawa hadirin. Wabup menjelaskan, dalam hal pelurusan data kemiskinan, banyak hal dan yang masih perlu untuk dibenahi. "Ada fakta yang tidak bisa menjadi data, juga ada data yang kurang pas fakta," kata Imawan.


Atusiasme masyarakat, dan banyaknya pemangku kebijakan yang hadir dalam kesempatan tersebut menjadi salah satu barometer kesusksesan acara Dialog Budaya dan Gelar Seni tersebut. Disela acar, Eko Sutardi (Kasi Pelayanan) sebagai panitia penyelenggara menuturkan bahwa sukses acara tersebut berkat dukungan semuan pihak, khususnya Pemdes Ngalang dan masyarakat desa Ngalang.(*) [purwadi, gedangsari]





Tidak ada komentar:

Posting Komentar