Senin, 23 April 2018

PKB Playen: "Program KB Berperan dalam Cegah Stunting!"

Sambutan Sekdes Getas
Kamis (19/4) bertempat di Balai Desa Getas telah diselenggarakan Lomba Menghias Tumpeng dan Peragaan Cuci Tangan dengan Sabun. Lomba yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Getas, Kecamatan Playen dalam rangka memperingati hari lahir Raden Ajeng Kartini sebagai tokoh Nasional di bidang perjuangan emansipasi wanita di Hindia Belanda (Indonesia saat ini).

Dalam sambutannya, Irur, selaku Sekretaris Desa, mewakili Kepala Desa Getas menyampaikan rasa terimakasih atas partisipasi seluruh kader desa yang telah dengan semangat dan persiapan yang optimal mensukseskan kegiatan perlombaan ini. Beliau mengharapkan agar nilai-nilai perjuangan RA Kartini bisa diteladani dan diterapkan di era sekarang.

Sambutan kedua disampaikan oleh Drs Edy Pranoto, selaku Koordinator PKB Kecamatan Playen. Beliau menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Desa Getas yang sudah melaksanakan peringatan Hari Ulang Tahun RA  Kartini yang kedua kalinya dengan mengadakan Lomba Hias Tumpeng dan Cuci Tangan Pakai Sabun. Dengan peringatan ini diharapkan sikap perilaku RA Kartini seperti: kesabaran, berkemauan kuat, semangat belajar, rasa hormat pada orang tua, serta berjuang dalam emansipasi wanita bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga tujuan untuk mewujudkan wanita yang bermartabat serta berkualitas sesuai tema peringatan HUT RA Kartini ini kali bisa terwujud.

Edy juga berharap agar sajian hidangan makanan khas tradisional berupa nasi tumpeng ini bisa menjadi ikon kuliner yang punya daya tarik tersendiri dalam membangkitkan ekonomi rakyat menjemput era pariwisata.

Para juara lomba
Menyinggung soal mewujudkan wanita yang cerdas dan bermartabat, Edy sangat berharap kepada kader untuk memulainya bersikap cerdas dalam mendidik dan mengasuh anak di rumah. Pengasuhan pada anak dengan memberikan perhatian yang khusus pada makanan yang bergizi  sangatlah penting terlebih dalam upaya mencegah terjadinya stunting pada anak bawah tiga tahun. Mengingat kasus stunting di Indonesia masih sangat tinggi yaitu sekitar 37 persen dari jumlah batita, dan dampak buruk dari stunting bagi anak baik dimasa kecil maupun masa dewasa. Kasus kekurangan gizi kronis pada anak bukanlah sekedar karena masalah ekonomi yang rendah, namun mungkin juga disebabkan faktor pola asuh yang salah, cara  memasak yang keliru, atau bahkan bisa juga karena faktor pernikahan pada wanita yang berusia terlalu dini. Oleh karena itu beliau mengajak pada ibu-ibu untuk melaksanakan KB (dalam arti luas), sebagai salah satu upaya mencegah terjadinya kasus stunting pada anak.

Peragaan cuci tangan dengan iringan koreografi
Giliran penilaian Lomba Hias Tumpeng yang diikuti oleh enam kelompok mewakili masing-masing dusun di wilayah desa Getas, sebagai juara pertama dimenangkan oleh kelompok II diikuti kelompok IV dan VI.

Untuk pelaksanaan lomba Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), semua kelompok menampilkan peragaan cuci tangan dengan di padu tarian yang dikoreografi secara menarik dan enerjik, sehingga mampu menjadi suguhan tontonan yang menakjubkan dan mendapatkan aplus meriah dari  warga yang menonton.

Menjelang pembagian hadiah berupa trofi (piala) bagi juara I,II, dan III, Lomba Hias Tumpeng dan Cuci Tangan Pakai Sabun, acara masih dimeriahkan dengan pembagian hadiah doorprize  menarik dari panitia lomba.(*) [edy pranoto, playen]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar