Rabu, 04 April 2018

BPM Eny Riyanti Siap Maju Tingkat Nasional


Dalam rangka meningkatkan motivasi dan semangat para bidan khususnya Bidan Praktik Mandiri (BPM) dalam meningkatkan pelayanan KB yang berkualitas di era JKN, maka Direktorat Bina Kesertaan KB Jalur Swasta BKKBN mengadakan lomba penilaian BPM untuk memberikan penghargaan kepada Bidan Praktik Mandiri yang berpotensi dan telah memberikan kontribusi terhadap pelayanan KB yang berkualitas melalui Pemilihan Bidan Praktik Mandiri terbaik.

Pada Rabu (28/3) di BPM Eny Riyanti diselenggarakan penilaian BPM oleh tim penilai BKKBN DIY. Acara dimulai pukul 09.00 WIB dan dibuka dengan sambutan Kepala Desa Jetis, Sunarso, SIP, menyampaikan apresiasi yang sangat besar atas terpilihnya BPM Eny Riyanti untuk mewakili Kabupaten Gunungkidul mengikuti penilaian tingkat DIY. Acara kemudian dilanjut dengan sambutan tim penilai yang diwakili oleh Dra Ita Suryani, MKes yang menyampaikan bahwa penilaian ini dalam rangka meningkatkan cakupan pelayanan KB yang berkualitas oleh BPM, meningkatnya jumlah peserta KB baru khususnya MKJP, meningkatnya motivasi BPM untuk memberikan pelayanan KB yang berkualitas dan meningkatnya motivasi BPM untuk menjalin jejaring dengan FKTP yang sudah bekerjasama dengan BPJS kesehatan dan teregistrasi ke dalam K/O/KB atau SIM BKKBN.

Kemudian acara dilanjut dengan presentasi oleh Bidan Eny Riyanti, AMd Keb. Dalam paparannya Eny Riyanti menyampaikan bahwa pelayanan KB di Kecamatan Saptosari dalam kurun waktu 2016-2017 mengalami peningkatan terutama KB MKJP. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya peserta KB baru  IUD dan implan serta peserta KB aktif Kecamatan Saptosari yang mencapai 77%. Selain itu juga disampaikan mengenai program unggulan BPM Eny Riyanti yang antara lain memberikan layanan konsultasi gratis dan konsultasi via telepon dan visit home PUS pasca salin. Inovasi ini sangat efektif dalam menjaring calon akseptor KB baru terutama untuk KB IUD dan implan.

Selanjutnya acara penilaian tim meliputi aspek administrasi, aspek pengetahuan dan aspek pelayanan KB. Dalam aspek pengetahuan bidan ditanyai beberapa pertanyaan tentang pemahaman mengenai program KKBPK, alat kontrasepsi, definisi KB pasca salin dan kegiatan yang terkait dengan program pembangunan keluarga/ketahanan keluarga serta pemahaman tentang hak-hak reproduksi.

Setelah tim melakukan penilaian acara dilanjut dengan penyampaian kesan-pesan yang diwakili oleh Dra Ita Suryani, MKes yang memberi masukan kepada BPM Eny Riyanti mengenai pentingnya administrasi pelayanan KB antara lain pencatatan/pelaporan bulanan KB dan pengisian informed concern dan K4, peningkatan pelayanan KB PUS pasca salin karena PUS pasca salin memiliki potensi tinggi mengikuti KB terutama KB MKJP serta perlu kerja sama dengan mitra kerja baik formal maupun non-formal terutama kerja bersama kader KB maupun sehat dalam melakukan KIE/konseling dan penyuluhan tentang program KKBPK.

Profil Bidan
1.      Nama                                           :  Eny Riyanti, A.Md.Keb
2.      Tempat dan Tanggal Lahir           :  Gunungkidul, 1 Oktober 1974
3.      Jenis Kelamin                              :  Perempuan
4.      Agama                                         :  Islam
5.      Status Pernikahan                        :  Menikah
6.      Warga Negara                              :  Indonesia (WNI)
7.      Alamat Sekarang                         :  Karang, Jetis, Saptosari, Gunungkidul
8.      No Telp./HP                                 :  081391091757
9.      Kode Pos                                      :  55871
10.  Pendidikan Formal                       : 
       MI YAPPI Karang, lulus 1987
       SMPN 2 Playen, lulus 1990
       SMAN Playen, lulus 1993
       SPK Karya Husada Yogyakarta, lulus 1996
       SPK Depkes Yogyakarta (D.1), lulus 1997
       STIKES Aisyiyah Yogyakarta (D.3), lulus 2008

(*) [harwanto, saptosari]



Tidak ada komentar:

Posting Komentar