Rabu, 11 April 2018

Produk IRT Kajar 3 Sudah Sampai Luar Jawa

Hari ini Rabu (11/4) dilaksanakan evaluasi perkembangan desa di Desa Karangtengah, Wonosari. Kegiatan ini sebagai upaya untuk mengetahui indikator keberhasilan pembangunan. Yang dievaluasi adalah pemaparan kepala desa tentang perkembangan desa, potensi masyarakat, serta pembangunan pada umumnya, misalnya kegiatan 10 program pokok PKK. Semua administrasi baik desa maupun lembaga desa juga dievaluasi.

Tidak kalah pentingnya yang dievaluasi adalah kegiatan pembangunan keluarga pada program KKBPK. Sebagai Padukuhan sampel yakni Padukuhan Kajar 3. 

Di padukuhan sampel ini ditampilkan kelompok BKB Basuki, BKR Kasih Bunda, Kelompok PIK-R "Zero Tri", juga simulasi pola asuh anak dan remaja.
Dalam kegiatan PIK-R ditampilkan deklarasi penandatanganan petisi remaja oleh kelompok remaja di Padukuhan Kajar tentang PUP (Pendewasaan Usia Perkawinan), stop nikah usia anak. Selain itu, ada juga penampilan sampel rumah sehat. Sedangkan untuk rumah pra-sejahtera dipilih rumah Wartiyem, KS-1 rumah Suripno, KS-2 rumah H Ponijo, yang semuanya di Padukuhan Kajar 3.

Padukuhan Kajar 3 juga menampilkan industri rumah tangga yang pemasarannya sudah sampai luar Jawa, yakni pande besi, yang tentunya bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga. Ada juga produk gamelan.

Padukuhan sampel yang lain yaitu di Padukuhan Karangtengah 1, yang menampilkan kegiatan Posbindu, Posyandu, pengobatan gratis, donor darah, dan presentasi kelompok KWT Ngudi Rejeki.
Setelah tim evaluasi keliling melihat potensi masyarakat, tim masuk ke Balai Desa Karangtengah yang disambut dengan suguhan bermacam seni budaya.(*) [umi wasriati,wonosari]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar