Selasa, 29 Mei 2018

Inilah Langkah-langkah Pelaporan Online Kampung KB

Pada Kamis (23/5), di ruang rapat Bhakti Praja DP3AKBPM dan Desa Kabupaten Gunungkidul diselenggarakan, "Pertemuan Sosialisasi Teknis Pelaporan Kampung KB Online  Berbasis Website,"  atas kerja sama DP3AKBPM dan D dengan Perwakilan BKKBN DIY. Pertemuan dihadiri oleh Penyuluh KB yang mempunyai wilayah Kampung KB.

Pertemuan dibuka dengan berdoa bersama-sama yang dipimpin oleh Drs Mahmud Khumaidi, Kasi KB Bidang Dalduk dan KB. Selanjutnya disampaikan pengarahan oleh Kadin, Sujoko, SSos, MSi. Beliau menyatakan bahwa untuk mensukseskan program KKBPK harus ada kerjasama yang baik antar penyuluh KB dan Dinas. "Soal sarana smartphone, sekarang dalam proses lelang. Pasti kita urus dan selesaikan segera, karena itu untuk mendukung e-visum PKB," papar Sujoko. Mengakhiri sambutannya, beliau mengatakan semua PKB diharapkan menguasai IT dalam mendukung dan memperlancar tugasnya.

Seusai sambutan Kadin, dilanjutkan penyampaian materi oleh Perwakilan BKKBN DIY oleh Dra Kanti Aryekti. Kanti mengatakan bahwa dalam rangka  untuk kemudahan kecepatan dan keakuratan perkembangan serta keberhasilan Kampung KB secara online yang berbasis website, maka kita bisa menggunakan aplikasi di internet dengan klik laman berikut: www.kampungkb.bkkbn.go.id.

Untuk laporan Kampung KB online, kata Kanti, di masing -masing kecamatan ditugaskan seorang admin atau pengisi konten. 

Kemudian disampaikan materi teknis pengelolaan konten Kampung KB online oleh  Utomo Budi Santoso dari Perwakilan BKKBN DIY. Utomo mengatakan bahwa setiap kecamatan sudah dibuatkan web untuk pelaporan online dengan klik laman berikut: kampungkb.bkkbn.go.id.  Dikatakan Utomo, mekanisme pelaporan Kampung KB online terdiri waktu laporan, bentuk laporan, dan pengorganisasian serta perlu dukungan foto.

Utomo juga menggarisbawahi, bahwa waktu pelaporan dilakukan secara langsung (real time), dan pada tahap awal perlu dilakukan langkah-langkah sebagai berikut: 

1.  Membuat Halaman Kampung KB oleh OPD KB atau Penyuluh KB yang mewilayahi Kampung KB.

2. Entri data dasar dan update yang terkait dengan: 
    a. Profil Kampung KB.
    b. Profil penduduk.
    c. Intervensi kegiatan.
    d. Capaian program

3. Laporan Kampung KB yang memuat tentang:
    a. Capaian Kampung KB.
    b. Profil Kampung KB.
    c. Profil penduduk.
    d. Intervensi kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan menurut pendekatan 8 fungsi  
         keluarga.
    e. Perkembangan Program KKBPK

Di akhir materinya, Utomo mengatakan bahwa perkembangan Kampung KB bisa di-update sewaktu-waktu sesuai kebutuhan dan dinamika masing-masing.(*) [Edy Subambang, Tepus]

1 komentar:

  1. Tlng kirim mudul cara pengisian laporan Kampung KB onlin
    Hebat

    BalasHapus