Selasa, 08 Mei 2018

Saptosari Siap Laksanakan GERMAS!


Kecamatan Saptosari bekerja sama dengan UPT Puskesmas Saptosari tengah gencar melakukan sosialisasi tentang GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Program ini dimulai dengan kegiatan Pencanangan GERMAS pada Jumat (4/5) yang dilaksanakan di halaman Kantor Kecamatan Saptosari. Acara ini dihadiri oleh seluruh aparat Pemerintah Desa, elemen Polsek, Koramil, B

           PKB, KUA, Pusekeswan, siswa siswi SMP, SMK,  kader kesehatan, kader PPKBD, PKH, Bank BDG, BRI, Perwosi Kecamatan Saptosari, TKSK Kecamatan Saptosari, dan masyarakat umum. Kepala  Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, perwakilan Sie P2PTM dan Sie Promosi Kesehatan turut serta hadir dan meramaikan acara pencanangan GERMAS. 
Kegiatan dimulai dengan senam bersama, sambutan sambutan, penggalangan komitmen, dan gerakan makan buah bersama-sama. Dalam sambutannya, dr Dewi Irawaty, MKes, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, menyampaikan apresiasi penuh kepada seluruh masyarakat dan jajaran pemerintah Kecamatan Saptosari atas upaya dan komitmen dalam melaksanakan GERMAS, serta menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan upaya preventif melalui ke enam program GERMAS yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan RI yaitu; 1) Peningkatan Aktivitas Fisik, 2) Peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan sehat , 3) Penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, 4) Peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, 5) Peningkatan kualitas lingkungan; dan 6) Peningkatan edukasi hidup sehat.
Sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Dewi Irawaty, Djarot Hadiatmaja, SIP, MSi (Camat Saptosari) mengajak seluruh warga dan pemerintah desa untuk berkomitmen dalam menjaga kesehatan melalui upaya upaya yang terintegrasi. Saptosari memiliki banyak potensi baik SDA maupun SDM yang dapat digunakan sebagai kekuatan dalam mencapai derajat kesehatan seutuhnya.
Sedangkan Ridwan, SKM, Kepala UPT Puskesmas Saptosari, menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga dan pihak-pihak terkait yang telah membantu dalam melaksanakan kegiatan pencanangan GERMAS. Ridwan, SKM berharap kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara berkesinambungan sehingga kesadaran masyarakat untuk hidup sehat terus meningkat dan masyarakat Saptosari menjadi masyarakat yang sehat dan sejahtera.
Antusiasme warga yang tinggi dibuktikan dengan adanya penggalangan komitmen dalam mendukung dan melaksanakan GERMAS. Deklarasi dibacakan oleh Suhut Hudi, SH, Kepala Desa Kepek, dan diikuti oleh lintas sektor dan masyarakat yang hadir dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen GERMAS. Suasana semakin meriah dengan adanya penampilan senam berkelompok oleh perwakilan kader kesehatan dan bernyanyi bersama. Selain kegiatan tersebut, UPT Puskesmas Saptosari bersama jejaring Klinik Asih Sasama mengadakan skrining Penyakit Tidak Menular  (PTM) yang diikuti oleh kurang lebih 400 orang. Skrining yang dilakukan terdiri dari pemeriksaan tekanan darah, pengukuran berat badan (BB), tinggi badan (TB), Indeks massa tubuh (IMT), lingkar perut, pemeriksaan gula darah sewaktu ( GDS) dan kadar kolsterol. Hasil skrining ini selanjutnya akan digunakan sebagai dasar intervensi kesehatan oleh UPT Puskesmas Saptosari.
Kegiatan GERMAS Kecamatan Saptosari ditutup dengan pembagian doorprize. Melalui kegiatan ini diharapakan semua masyarakat Saptosari menjadi sehat dan sejahtera. Salam GERMAS! (*) [Harwanto, Saptosari]




Tidak ada komentar:

Posting Komentar