Jumat, 10 Agustus 2018

Pencanangan Bakti Sosial TNI Manunggal KB-Kesehatan DIY Tahun 2018


Selasa (17/8), bertempat di Auditoriom RRI Yogyakarta di laksanakan Pencanangan Bakti Sosial TNI Manunggal KB-Kesehatan DIY Tahun 2018, dengan tema, “Dengan Semangat Gotong Royong dan Sinergi Kita Jadikan Kampung KB Sebagai Poros Keluarga Berkualitas". Adapun jalannya acara adalah berikut:

1. Pembukaan:
   a. Menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya
   b. Laporan kegiatan oleh Kasister Korem 072 Pamungkas
   c.  Menyanyikan Mars KB
   d.  Menyanyikan Mars Hidup Sehat
2. Sambutan dan Pencanangan Baksos TNI Manunggal KB Kesehatan oleh Wakil Gubernur DIY.
3. Penyerahan Penghargaan bagi Peserta KB Pria dari Anggota TNI (Danrem 072 Pamungkas).
4. Penyajian Center of Excellent (COE) Kampung KB DIY oleh Camat Piyungan dan Pengelola 
    Kampung KB Jasem
5. Doa dan Penutup.

Acara ini dicairkan dengan MC oleh Den Baguse Ngarso.
Dalam laporan penyelenggaraan yang disampaikan oleh Letkol Zailani selaku Kasiter, bahwa kegiatan ini dilaksanakan  mulai dari bulan Maret sampai November 2018 di Wilayah Korem 072 beserta 5 Kodim di DIY. Kegiatan ini didukung oleh BKKBN DIY, Dinas Kesehatan, dan SKPD KB se-Yogyakarta.

Tujuan TMKK kali ini al:

1.Menurunnya angka kelahiran
2. Menurunnya PUS Unmet Need
3. Meningkatnya penggunaan alkon rasional.

Sambutan Gubernur DIY disampaikan oleh Wakil Gubernur DIY Paduka Pakualam-IX, yang memaparkan bahwaProgram KKBPK memiliki tantangan al: capaian indikator yang kurang maksimal, pembagian kewenangan dalam penggarapan program KKBPK antara Pusat dan Daerah yang masih merupakan barang baru. Oleh karena itu diucapkan banyak terimakasih kepada jajaran TNI Korem 072 Pamungkas yang telah setia mendukung program KKBPK melalui kegiatan Baksos TNI Manunggal KB Kesehatan ( TMKK).

Dalam acara ini diberikan penghargaan kepada Anggota TNI yang telah berpartisipasi aktif sebagai peserta KB pria dari kelima wilayah kabupaten Kota se-DIY. Selain itu, juga diberikan media KIE KIT sebagai sarana kampanye KB pada Korem 072 Pamungkas.

Dalam acara talk show, ditampilkan tokoh kampung KB dari Jasem yaitu Bu Riris dan Camat Piyungan. Beliau memaparkan hakekat kampung KB, latar belakang dibentuknya Kampung KB Jasem, dan perkembangannya sampai saat ini. Sedangkan Camat Piyungan menyampaikan suksesnya Kampung KB Jasem karena didukung secara berkesinambungan dan maksimal oleh berbagai lintas sektor baik ditingkat desa, kecamatan serta kabupaten. Kemitraan ini juga dg menggandeng LSOM, Perbankan, serta dr Perguruan Tinggi.

Indikator keberhasilan kampung KB Jasem bisa dilihat dari penurunan KK miskin dan meningkatnya kegiatan keluarga di kelompok BKB, BKR, dan BKL.

Ditampilkan pula AKP Heru, anggota polisi yang juga sebagai ketua kelompok KB Pria “Pendowo” dari Kulonprogo, sebagai motivator serta peserta KB Pria teladan tingkat nasional yang telah berhasil mengajak 30 pria menjadi peserta KB Pria MOP.

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan dibuat rileks dengan jok-jok kocak dari Den Baguse Ngarso. Akhirnya, lagu Padamu Negri menandai berakhirnya  Pencanangan  Bulan Bakti TMKK tahun 2018 di Auditorium RRI Yogyakarta.(*) [Edy Pranoto, kontributor Playen]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar