Jumat, 10 Agustus 2018

SMK Kesehatan dan SMKN 3 Wonosari Gandeng Penyuluh KB dalam Kegiatan MPLS


Kegiatan MPLS adalah masa pengenalan lingkungan sekolah, yaitu kegiatan rutin setiap tahun ajaran baru yang diperuntukkan bagi siswa/siswi baru untuk lebih mengenal diri dan sekolahnya serta dapat memudahkan siswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Kegiatan MPLS biasanya hanya dilaksanakan selama 3 hari.



Beberapa waktu yang lalu Penyuluh KB Kecamatan Wonosari didaulat untuk turut mengisi acara MPLS di SMK Kesehatan Wonosari yaitu pada Senin (16/7) di Balai Padukuhan Ledoksari. SMK Kesehatan Wonosari adalah mitra binaan Penyuluh KB Kecamatan Wonosari dalam kegiatan PIK-R yaitu Pusat Informasi dan Konseling Remaja yang melalui jalur sekolah (PIK-R Citra Keswari), sehingga hal ini sudah bukan hal yang baru bagi PKB setempat untuk melakukan pembinaan di sekolah tersebut.

Penyuluhan yang disampaikan oleh Dwi Arti Novitasari, SH, ini mengangkat tema tentang “Gendong Tas Dulu Baru Gendong Bayi”. Tema ini sangat menarik untuk dibahas karena berkaitan dengan Pendewasasn Usia Perkawinan. Siswa/siswi baru berjumlah sekitar seratus yang mengikuti MPLS tersebut sangat tertarik dengan tema yang disampaikan oleh Penyuluh KB dan mereka juga antusias selalu bertanya kepada narasumber.

Setelah melakukan penyuluhan tentang PUP, di SMK Kesehatan Wonosari,  maka hari berikutnya, Novi, nama panggilan dari Dwi Arti Novitasari, SH, yang juga Penyuluh KB Kecamatan Wonosari ini melanjutkan untuk mengisi materi di kegiatan MPLS di SMK Negri 3 Wonosari, yaitu hari Selasa (17/7).

Materi yang disampaikan di SMKN 3 Wonosari adalah tentang Program Generasi Berencana/Genre yaitu program untuk merencanakan masa depan bagi remaja. Dengan menerapkan program Genre bagi para remaja, maka itu diharapkan dapat mengurangi angka pernikahan dini.

SMKN 3 Wonosari adalah sekolah yang sering mengundang PKB dalam setiap kegiatan MPLS. Tidak hanya PKB dari Balai Penyuluh KB Kecamatan Wonosari saja yang sering didaulat sebagai narasumber dalam kegiatan MPLS, namun ada dari KUA, Dinas Kebudayaan, Polres Gunungkidul, dan Puskesmas setempat. Di hadapan sekitar 400 siswa baru dan dilaksanakan di aula sekolah, PKB Novi mengenalkan para siswa baru bahwa di SMKN 3 Wonosari ada wadah yang bernama PIK-R Sedan yang mana PIK-R tersebut adalah wadah bagi para siswa untuk untuk memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga. Diharapkan para siswa baru dapat berpartisipasi dan berperan serta dalam kegiatan PIK R tersebut.

Sebelum acara ditutup PKB Novi mengajak para siswa baru untuk mengumandangkan Salam Genre secara bersama-sama.(*) [Dwi Artinovitasari, redaktur Cahaya Keluarga & kontributor Wonosari]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar